Sejarah Nama Uang Koin Wilhelmina

Setelah dari artikel - artikel sebelumnya membahas tentang apa itu numismatik, tingkatan nilai kualitas uang kertas, dan artikel khusus yang menceritakan pengalaman saya tentang memulai menjadi numismatik. Dan kali ini akan berbeda, artikel ini akan membahas tentang sejarah nama uang koin wilhelmina dari belanda.

Uang Koin Kuno Wilhelmina Koningin
Gambar Uang Koin Kuno Wilhelmina

Kenapa saya harus membahas sejarahnya? bukan ciri - ciri atau jenis - jenis mata uang kuno saja?Karena sejarah adalah aset yang berharga bagi bangsa kita maupun di dunia ini. Kurang lengkap jika kalian punya uang koin wilhelmina tetapi tidak tahu tentang sejarahnya, oleh karena itu kita harus mengingat sejarah kita dan sekali lagi saya ingatkan bahwa sejarah adalah aset yang berharga.

Kenapa disebut Wilhelmina?

Karena didalam uang koin kuno tersebut terdapat cetakan gambar ratu Wilhelmina dari belanda, Jadi tidak heran jika uang dari belanda tersebut bernama koin Wilhelmina.

uang koin Wilhelmina sendiri datang ke Indonesia bersama para penjajah belanda dan pada saat itu banyak orang asli pribumi yang bertransaksi mengunakan mata uang belanda. Sehingga banyak mata uang sisa peninggalan belanda pada zaman penjajahan yang digunakan untuk koleksi oleh orang - orang indonesia.

Ratu Wilhelmina

Ratu Wilhelmina Dari Belanda
Ratu Wilhelmina Dari Belanda

Ratu Wilhelmina dengan nama panjang Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau, Menurut yang saya kutip dari wikipedia, Ratu Wilhelmina lahir pada tanggal 31 agustus 1880 dan meninggal pada umur 82 tahun, yang tepat ada tanggal 28 november tahun 1962.

Keluarga Ratu Wilhelmina

Ayah dari Ratu Wilhelmina bernama Raja Wiliam III yang dulunya juga seorang penguasa belanda, dan memiliki ibu yang bernama Emma dari Waldeck dan Pyrmont. saya masih belum mempunyai banyak informasi tentang ibu dari Ratu Wilhelmina, karena kurangnya sumber dan informan.

Sedangkan Ratu Wilhelmina mempunyai suami yang bernama Hendrik, Pangeran dari Mecklenburg-Schwerin. Beliau baru dikaruniai seorang anak perempuan setelah menikah 8 tahun tanpa anak, anak tersebut bernama Juliana yang nantinya menggantikan ibunya sebagai Ratu di Belanda.

Kekuasaan

Ratu Wilhelmina berkuasa menjadi ratu sejak umur 10 tahun setelah kematian ayahnya, pada tahun 1890, dan beliau mengakhiri masa kekuasaannya setelah digantikan dengan putrinya yang bernama Juliana pada tahun 1948.

Ratu Wilhelmina sangat berjasa banyak kepada belanda, Beliau dikenal sangat mahir dalam mengelola bisnis dan investasi, yang menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia. Investasinya sangat besar, sampai masuk di Amerika Serikat dan juga sumur minyak di Hindia Belanda.

Pada masa pemerintahannya di usia 20 tahun, Ratu Wilhelmina memerintahkan angkatan perang menuju Afrika Selatan untuk membantu presiden Paul Kruger dari wilayah Transvall. Karena itulah Ratu Wilhelmina diakui oleh dunia.

Masa akhir kekuasaan

Pada masa akhir kekuasaannya, yaitu tepat pada tanggal 4 September 1948. Ratu Wilhelmina menyerahkan kekuasaannya kepada anak satu - satunya , yaitu Putri Juliana. Ia juga menulis otobiografi pada saat - saat akhir kekuasaannya yang berjudul Eenzaam, maar niet alleen yang dalam bahasa indonesia berarti "Kesepian tetapi bukan kesendirian". Ratu Wilhelmina meninggal dunia pada tanggal 28 November 1962 dan dimakamkan di Nieuwe Kerk di kota Delft pada tepatnya tanggal 8 Desember 1962.

Tambahan

Bagi para pembaca setia blog ini, mungkin kalian jika punya usulan tambahan tentang sejarah atau asal usul nama uang koin wilhelmina dari belanda, kalian bisa menambahkan dengan menuliskannya di kolom komentar yang nantinya akan kita bahas bersama - sama.

Penutup

Sekian dari artikel sejarah asal usul nama uang koin Wilhelmina yang semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang sejarah - sejarah yang ada. Tolong like dan share ke sesama teman numismatik kalian, terima kasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment