Tingkatan Nilai Kualitas Untuk Uang Kertas [Update]

Setelah kemarin saya sudah selesai membahas tentang numismatik secara lengkap. Kali ini saya akan memberikan pengetahuan mengenai tingkatan nilai kualitas lengkap untuk uang kertas yang bisa membantu kalian untuk memahami lebih dulu kualitas tingkatan untuk uang kertas.

Kenapa harus ada tingkatan nilai kualitas untuk uang kertas?
Tingkatan Grade Pada Setiap Uang Kertas
Ilustrasi Tingkatan Uang Kertas

Karena jika anda hanya menilai kualitas uang kertas berdasarkan baru atau tidak itu sangat salah. Oleh karena itu jika anda hendak membeli uang kuno, pasti tidak akan bisa menilainya dengan keadaan baru.
Dikarenakan hampir semua uang kertas kuno sudah dalam keadaan bekas, dan tidak seperti baru lagi.

Pada dasarnya artikel ini hanya untuk membantu masalah para orang yang baru mengenal dunia numismatik untuk menentukan grade atau tingkatan kualias dari sebuah uang kertas kuno.

Karena hampir semua para penjual uang kertas kuno memberikan informasi grade uang kuno yang ditulis secara singkat - singkat, sehingga membuat orang - orang awam yang baru mengenal numismatik sangat bingung tentang makna dan arti dari singkatan - singkatan tersebut.

Tingkatan Nilai Kualitas Untuk Uang Kertas [Update]

Bagi para pembaca setia blog ini, mungkin semuanya sudah hampir tahu tentang pembahasan artikel ini. Tetapi bagi para pemula yang tidak mengetahui tentang kualitas uang kertas, kalian bisa membaca penjelasan saya dibawah ini.

Kita mulai dari tingkatan nilai kualitas dari yang paling bawah

Poor

Poor / P adalah dimana kualitas uang sudah rusak berat karena diakibatkan sobekan, berkarat, luntur, ada bagian yang hilang karena ada suatu lubang. Biasanya ada bekas tambalan, atau selotip di bagian uang yang sudah robek atau berlubang.

Disarankan jika uang kertas sudah dalam keadaan poor, segera dimaharkan / dijual atau ditukar kepada teman yang berminat kepada uang anda tersebut.
Karena uang dalam grade P / poor sangat tidak layak dikoleksi, terkecuali jika uang tersebut sudah sangat langka, atau bisa digunakan sebagai memperbanyak koleksi sementara saja.

Fair

Fair / F adalah suatu kondisi uang yang sudah kotor, terdapat banyak sekali lipatan, ada bagian yang hilang karena terdapat sobekan yang besar.

Uang dalam kondisi grade F biasanya dijual dengan harga yang sangat murah bahkan bila dijual sangat sulit laku, dikarenakan banyaknya minus atau kekurangan dari uang tersebut,

Good

Good / G adalah jika kualitas kondisi uang dalam keadaan sudah ada banyak lipatan, warna hilang atau sudah luntur. Mungkin juga ada terdapat sobekan atau luban dibagian pinggir beserta kotoran dan bekas karat di bagian uang kertas tersebut.

Karena kondisi uang sangat mempunyai banyak kekurangan menyebabkan nilai harga uang yang berada di grade G menjadi murah.

Very Good

Very Good / VG adalah tingkatan nilai kualitas uang yang sudah digunakan berkali - kali tetapi kualitas dan kondisi uang masih dalam keadaan lengkap dan utuh. Mungkin minusnya hanya terdapat sobekan kecil hingga sampai di gambar, atau lipatan dan karat tetapi uang masih dalam keadaan lengkap dan untuh, dan mungkin kertas layu tetapi tidak ada yang sobek.
Fine
Fine / F adalah dimana suatu kondisi uang yang sudah sering dipakai dan hanya terdapat bekas lipatan lipatan, ada juga yang mempunyai sobek kecil yang tidak mencapai gambar. Uang sudah pasti dalam keadaan warna yang tidak luntur, dan masih sedikit kotor.

Nilai harga uang jika masuk di grade fine / F biasanya agak murah tetapi jarang sekali minat bagi para numismatik.

Very Fine

Very Fine / VF adalah tingkatan grade uang yang lebih tinggi daripada fine, dan hanya mempuyai minus uang sering dipakai tetapi kertas tidak layu dan juga ada lipatan horisontal atau vertikal tetapi tidak sobek, dan keadaan uang harus tetap utuh.

Uang yang masuk dalam grade VF akan bernilai harga sedang dan bisa cepat laku jika dijual, ingat, jika ingin membeli harap periksa terlebih dahulu uang kertas tersebut.

Extremely Fine

Extremely Fine / XF / EF adalah suatu grade dimana uang kertas habis berkali - kali dipakai namun kertas masih kaku dan mengkilap juga hanya mempunyai paling banyak 3 lipatan tipis, dan tidak ada bagian yang sobek, tetap utuh.

Nilai harga uang yang berada di grade XF / EF mempunyai nilai yang agak mahal dan biasanya jika dijual akan cepat laku, tergantung dari para peminat numismatik.

Almost Uncirculated

Almost / About Uncirculated (AUNC) adalah grade tertinggi kedua, kondisi uang biasanya terlihat sempurna dan seperti baru. Tetapi terdapat beberapa minus contohnya lipatan pada ujung / sudut uang atau lipatan halus di bagian badan uang, dan juga kondisi uang masih berkilau dan bersih, semua sudut harus tajam

Harga uang yang berada di grade AUNC bisa dibilang cukup mahal karena tidak terdapat banyak minus di uang tersebut, jika dijual akan cepat laku.

Uncirculated

Uncirculated / UNC adalah tingkatan tertinggi nilai kualitas uang, tidak ada lipatan, masih utuh, tidak ada minus sedikitpun, bersih dan uang masih dalam keadaan kaku. Contohnya seperti jika anda menukarkan uang biasa dengan segepok uang tersegel yang baru diambil dari bank.

Biasanya jika uang berada di grade ini akan bernilai harga sangat mahal, karena uang masih baru dan tidak ada minus sedikitpun, jika anda mempunyai uang grade UNC jika dijual pasti akan ada banyak peminat dan cepat laku.

Penutup

Sekian dari artikel tentang tingkatan nilai kualitas untuk uang kertas yang saya rangkum dengan sedemkian rupa, sehingga para pembaca bisa mengetahui dengan mudah ketika membacanya, silahkan share ke yang lain agar semua bisa tahu.

Terima Kasih
Previous
Next Post »
Thanks for your comment