Sejarah Mata Uang Rupiah

Setelah kemarin saya membuat artikel tentang sejarah mata uang koin wilhelmina dari belanda, sekarang saya akan membagikan artikel tentang sejarah lagi nih. Sesuai dengan judul diatas, artikel ini akan membahas asal usul dan sejarah terciptanya nama mata uang rupiah di indonesia.

Sejarah Mata Uang Rupiah
Uang Kuno Setengah Rupiah

Karena mungkin hampir semua orang tidak tau atau mungkin tidak peduli tentang sejarah mata uang rupiah, oleh karena itu saya terinspirasi untuk membuat artikel ini agar semua orang di indonesia bisa tau sejarah mata uang mereka. Oke silahkan baca penjelasan yang saya tulis dibawah ini..

Darimana asal kata "Rupiah" ?



Sesuai dengan pertanyaan diatas, perkataan "Rupiah" berasal dari kata "Rupee" satuan mata uang dari india. Sebelumnya negara Indonesia telah memakai mata uang Gulden Belanda pada tahun 1610 sampai 1817, dan setelah tahun 1817 diganti lagi dengan mata uang Gulden Hindia Belanda.

Sebenarnya ada banyak versi asal usul terciptanya nama mata uang Rupiah tersebut. Dan saya telah merangkumnya sebagai berikut.

  1. Versi pertamanya adalah kata Rupiah berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "Ru-Pya" dan juga dari kata "rupia" dalam bahasa Mongolia. Dua kata tersebut bila diartikan dalam bahasa indonesia adalah perak
  2. Versi keduan katanya konon ada legenda yang terjadi di lereng Merapi, ada seorang nenek bernama Rupiyah. Nenek ini punya kebun yang banyak pohon durian, pada masa pendudukan Jepang, saat tentara Jepang operasi terhadap gerilyawan Indonesia, melihat buah durian itu langsung mengambil buah durian itu, tetapi durian itu tidak dirampas dan nenek itu dibayar pakai uang kertas, yang banyak beredar saat itu baru uang logam, uang benggol namanya. nenek itu bingung mau dipakai buat apa, saking banyaknya, dibagi-bagikannya duit itu ke semua tetangga dan semua bingung, geleng geleng kepala sambil mengatakan: RUPIYAH RUPIYAH dan terkenal lah uang itu dengan nama RUPIAH.
  3. Dan yang terakhir adalah versi ketiga yang sudah saya jelaskan diatas bahwa perkataan "Rupiah" berasal dari kata "Rupee" satuan mata uang dari india.

Mata uang Rupiah pertama kali digunakan untuk bertransaksi secara resmi pada waktu masa penjajahan Jepang saat Perang Dunia ke-2, dengan memakai nama "Rupiah Hindia Belanda". Setelah perang usai, Bank Jawa atau "Javaans Bank" yang kini dikenal dengan Bank Indonesia menggantinya dengan nama "Rupiah Jawa".


Mata uang gulden NICA yang dibuat oleh Sekutu dan beberapa mata uang yang dicetak kumpulan gerilya juga berlaku pada masa itu. Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Penutup


Sekian dari artikel saya yang berjudul "Sejarah Mata Uang Rupiah" yang semoga kalian bisa mendaptakan ilmu sejarah tentang asal usul nama mata uang rupiah di indonesia. Jangan lupa share ke teman - teman atau komen di blog ini. Terima kasih..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment