Memulai Menjadi Numismatik

Artikel ini adalah hasil dari pengalaman pribadi saya ketika memulai untuk berhobi mengoleksi mata uang luar, ataupun uang kuno yang disebut dengan numismatik. Agar para pembaca blog ini bisa tahu asal - usul saya menjadi numismatik, dan bisa sharing pengalaman tentang hal numismatik.

Pengalaman saya memulai menjadi numismatik

Pada mulanya saya tidak tahu apa itu numismatik, saya hanya mengetahui bahwa para pengoleksi uang kuno itu dinamakan kolektor uang. Saya mulai mengumpulkan uang kuno pada tahun 2016, pada saat itu saya sedang berbicara dengan mas atau kakak saya yang sedang bermain dirumah saya.

Mas saya tinggal dirumahnya sendiri, sehingga saya jarang bertemu dengan kakak atau mas saya. Oke saya teruskan, jadi pada saat kita berbincang - bincang mas saya juga sedang memegang handphone, lalu saya melihat mas saya sedang membuka facebook di handphonenya lalu mulai melihat - lihat kumpulan koin kuno.

Sebenarnya mas saya juga seorang numismatik, tetapi lebih suka mengumpulkan koin - koin kuno daripada uang kertas. Karena menurutnya uang kertas lebih cepat rusak, dan sangat sulit untuk menyimpannya karena uang kertas mudah terlipat, sobek, dan kotor,

Saya lanjutkan lagi, setelah saya dan mas saya melihat koleksi koin - koin kuno di facebook, saya mulai bertanya - tanya kepada kakak saya, tentang koin dan uang - uang kuno. Dan pada akhirnya saya tertarik untuk mengoleksi uang dan koin kuno.
Lalu saya mulai browsing - browsing di internet tentang kolektor uang dan koin kuno, untuk mengetahui lebih banyak tentang uang dan koin kuno, dan sejak itulah saya mulai memasuki dunia numismatik.

Koleksi uang kuno pertama saya

Pada keesokkan harinya saya mulai mencoba mencari uang - uang kuno di toko online, saya mencari dengan harga yang murah dulu karena takut nantinya uang kuno yang saya beli ternyata palsu atau tidak dikirim oleh sellernya.
Koleksi uang kuno 5 milyar zimbabwe tahun 2008
Nampak depan uang kuno 5 milyar zimbabwe

Dan akhirnya saya pun jatuh hati untuk memilih uang kuno 5 milyar zimbabwe tahun 2008, yang berharga 20 ribu rupiah, saya mulai memesan barang dan membayar dengan metode pembayaran di alfamart. Sehingga nominal yang saya bayar menjadi 31 ribu rupiah.

Tetapi tidak apa - apa, yang penting saya menyukainya, lalu saya menanti uang 5 milyar zimbabwe itu dalam waktu 3 hari. Alasan saya memilih uang 5 milyar zimbabwe adalah karena uangnya sangat unik, ada nominal angka 0 sejumlah 9 digit.
Berbeda sekali dengan uang indonesia yang maksimal mempunyai angka 0 sejumlah 5 digit, hal itulah yang membuat uang 5 milyar zimbabwe itu terlihat unik.

Setelah saya membeli uang kuno 5 milyar zimbabwe, saya lalu mulai ketagihan untuk memperbanyak koleksi uang kuno saya lagi. Saya mulai mencari - cari lagi di toko online dengan kata kunci "uang kuno rupiah", setelah itu saya melihat - lihat deretan uang kuno rupiah. Akhirnya saya memilih uang kuno 100 rupiah perahu pinisi tahun 1992.

Yang membuat saya memilih uang kuno 100 rupiah perahu pinisi adalah gambar perahu pinisi yang tercetak di badan uang sangat bagus, saya sangat menyukai gambarnya. Oleh karena itulah saya memilih uang kuno 100 rupiah yang bergambar perahu pinisi yang dicetak pada tahun 1992.

Ternyata tidak lengkap jika saya hanya mengoleksi uang kertas kuno saja, saya juga ingin mengoleksi koin - koin kuno yang langka. Saya mencari - cari tentang koin kuno yang langka, dan akhirnya saya tertarik dengan uang koin Wilhelmina 2 setengah gulden yang dicetak pada tahun 1818 oleh para penjajah dari belanda.

Tetapi sampai saat ini saya masih belum bisa mendapatkan koin Wilhelmina, karena saya masih kesulitan untuk mencari penjual dengan harga yang terjangkau. Maklum saya masih sekolah dan belum bekerja jadi masih belum ada pendapatan, hehehe.

Penutup

Jadi seperti itulah awal pertama saya memulai menjadi kolektor uang kuno atau numismatik. Mungkin kalau kalian bisa menceritakan pengalaman masing - masing, bisa menulisnya di kolom komentar.

Cukup sekian saja artikel saya tentang pengalaman memulai menjadi numismatik, semoga kalian bisa mendapatkan ilmu dari apa yang saya bagikan diatas. Silahkan baca artikel tentang numismatik lainnya di blog saya, terima kasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment