Mengenal Numismatik Lebih Dekat

Artikel pertama di blog ini di khususkan untuk membahas dan mengenal apa itu numismatik lebih dalam bagi anda para pembaca yang masih tidak tahu atau masih awam dengan hal numismatik. Artikel ini saya jadikan referensi bagi para pembaca setia di blog ini,

Apa arti Numismatik?

Koleksi uang kuno indonesia
Koleksi Numismatik
Numismatik adalah kata yang diambil dari bahasa latin yaitu "numisma" yang dalam bahasa indonesia disebut "koin". Mungkin menurut saya kata "tik" yang berada di numismatik adalah antik, jadi arti numismatik adalah "koin antik"

Jadi Numismatik adalah..

Numismatik adalah suatu kegiatan, pekerjaan, hobi, kesenangan untuk mengumpulkan mata uang. Jadi kalau ada orang yang suka atau hobi mengumpulkan uang - uang kuno dan yang lainnya, orang itu bisa disebut numismatik.

Numismatik mengumpulkan apa saja sih?

Koleksi Uang Koin Kuno Numismatik
Koleksi Koin Kuno
Yang dikumpulkan numismatik adalah uang - uang yang sangat beragam dan unik. uang - uang yang beragam itu terdiri dari koin kuno, uang luar negeri, uang kertas, uang zaman kerajaan dan uang yang dulu pernah diedarkan dan dipakai untuk bertransaksi oleh masyarakat.

Apa yang dipelajari oleh seorang Numismatik?

Para kolektor uang kuno seringkali mempelajari ciri - ciri mata uang, sejarah mata uang, cara membuat mata uang, tahun edaran mata uang, dan asli atau palsu mata uang tersebut. Jadi seorang numismatik mempunyai pengetahuan sejarah yang hebat, karena sudah mempelajari sejarah mata uang.

Keuntungan menjadi Numismatik..

Kalian akan mempunyai beragam keuntungan ketika menjadi kolektor mata uang / numismatik.
Contohnya adalah kalian bisa mengetahui sejarah - sejarah mata uang, mendapat banyak rekan sesama numismatik, jual beli mata uang, koleksi untuk mahar pernikahan dan yang sesuatu menguntungkan lainnya.

Hobi yang menyenangkan dan menghasilkan

Hobi mengumpulkan atau mengoleksi uang - uang kuno (numismatik) sangat menyenangkan, karena kita bisa saling menunjukkan koleksi - koleksi uang kuno kepada sesama numismatik lainnya.

Tidak hanya itu juga, seorang numismatik bisa menghasilkan uang dari hobinya hanya dengan menyimpan uang - uang kuno, sehingga uang menjadi langka dan akan berharga sangat mahal.

Cukup dengan menawarkan kepada sesama numismatik atau kepada orang - orang yang tertarik dengan uang tersebut, bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Apakah mengoleksi perangko termasuk Numismatik?

Berbeda lagi dengan numismatik, mengoleksi perangko atau stamps juga punya sebutan sendiri, jadi hobi mengoleksi perangko bukanlah termasuk numismatik.

Biasanya para kolektor perangko menyebut dirinya filatelis, mereka biasanya hobi untuk mengumpulkan atau jual beli perangko - peragko unik diseluruh dunia.

Mulailah dengan sesuatu yang kecil..

Anda mengoleksi uang 100 rupiah tahun 1991 saja sudah bisa dianggap numismatik, karena seperti yang saya jelaskan di atas bahwa numismatik adalah kegiatan atau hobi untuk mengoleksi dan mengumpulkan mata uang kuno dan yang lainnya.

Jika sudah punya budget yang besar, maka kalian baru boleh untuk membeli uang - uang jadul yang berpotensi menjadi sangat mahal ketika dijual lagi. Lumayan kan jika hobi bisa digunakan sebagai sumber penghasilan yang halal.

Berhati - hatilah ketika anda ingin menjual barang koleksi sendiri, karena sekarang sudah ada banyak penipuan, dan juga bagi kalian yang ingin membeli uang kuno atau koin kuno lainnya, tetaplah selalu melihat dengan baik barang yang akan dibeli dan cek bagaimana keadaan barang.

Bisa jadi barang yang anda beli adalah palsu atau hasil cetak sendiri dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

 Mungkin hanya itu saja yang bisa admin berikan tentang numismatik, jika kurang paham anda bisa menambahkan usulan atau pertanyaan di komentar.

Cukup disini saja artikel yang saya tulis tentang Mengenal Numismatik Lebih Dekat, semoga para pembaca di blog ini bisa mengetahui dan memahami dengan jelas apa itu numismatik, arti numismatik, dan ilmu numismatik lainnya, sekian dan terima kasih.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment